Referensi Buku

Principles

Penulis Ray Dalio

Buku karya Ray Dalio ini membahas prinsip hidup yang diterapkan dalam kehidupan pribadi dan pekerjaan. Buku ini mengingatkan saya untuk kembali selalu memperhatikan dan bila perlu mempertanyakan prinsip hidup saya. Media dan teknologi telah membuat seseorang untuk mudah tersesat dalam hidup ini dengan selalu mengikuti trend, daripada menjalankan prinsip hidupnya yang mungkin telah ditanamkan orang tua kita maupun orang-orang sukses di lingkungan kita.

Dua pesan penting yang saya simpan di kepala dalam-dalam adalah:

  1. Embrace Reality and Deal with it: jangan cengeng dan mengeluh akan hidup ini, tetapi sambut tantangan yang ada dengan lapang dada dan melihat kesulitan sebagai tantangan daripada kutukan atau nasib.
  2. Be radical open-minded: Mengetahui kelemahan dan keterbatasan kita, kemudian membuka pemikiran kita terhadap hal baru dan ketertarikan untuk selalu belajar dan meningkatkan kualitas diri daripada menonjolkan hal-hal materialistis.

The Art of Thinking Clearly

Penulis: Rolf Dobelli

Rolf Dobelli menulis buku ini dengan cerita-cerita singkat yang tidak terpaut. Kompak, berisi dan sangat enak dibaca. Disini kita bisa mengamati kekeliruan manusia dalam berpikir dan menyikapi sesuatu.

Saat ini sudah ada versi bahasa Inggris dan bahasa Indonesia yang bisa kamu beli di Gramedia. Saya sendiri membacanya dalam versi bahasa Jerman.


Investing Without Wall Street

Penulis: Sheldon Jacobs

Buku ini membahas mengenai 5 prinsip penting dalam kebebasan finansial. Sheldon Jacobs telah lama berkecimpung di dunia funds dan telah menulis beberapa buku mengenai funds. Dia menulis buku ini dengan istilah-istilah dan bahasa Inggris yang mudah dicerna. Buku ini merupakan buku terakhir yang ditulis sebelum meninggal dunia pada usia 84 tahun. Dengan 5 prinsip yang dia jabarkan, almarhum ingin menekankan bahwa investasi bukanlah suatu kompetisi. Cocok bagi mereka yang level bahasa Inggrisnya masih belum sempurna.


The Inteligent Investor

Penulis: Benjamin Graham

Buku best seller ini bisa dibilang buku panduan dasar bagi mereka yang ingin berinvestasi di bursa saham. Ingat berinvestasi bukan berspekulasi! Benjamin Graham memulai topik pertama dengan Investation versus Speculation. Benjamin Graham merupakan mentor finansial Warren Buffett, dimana Warren Buffett memulai membaca buku ini di usia 19 tahun.

Kalau Anda ingin membeli buku ini, kalau bisa belilah dalam bahasa Inggris, walaupun level bahasa Inggris yang digunakan di buku ini cukup susah, dibandingkan buku "Investing Without Wall Street". Di Internet kita juga bisa membaca beberapa ringkasan dan rangkuman dari buku ini, contohnya di Investopedia dan di Wikipedia


Referensi Video

Judul Link Video
Mengerti bagaimana mesin perekonomian berjalan PErekonomian
Mengerti perbankan: uang dan utang Banking Explained
Bagaimana berjalannya proses bursa saham? How The Stock Exchange Works
Mengapa kita mengambil keputusan jelek Dan Gilbert - Why we make bad desicions
Menabung lebih untuk masa depan IMAGE ALT TEXT
Keseimbangan hidup dan kerja IMAGE ALT TEXT