Di tahun 2018 ini saya tidak membeli ETF di portfolio saya dikarenakan tiga utama, yaitu:

  • saya membutuhkan dana untuk keperluan pribadi lainnya,
  • mempertambah tabungan cash untuk persiapan jika terjadi krisis perekonomian global.
  • investasi pasif dgn tidak membeli dan menjual karena menurut saya...

Lanjutkan artikel...

Di artikel ini, saya ingin berbagi pengalaman saya dengan TransferWise*, yang saat ini memberian layanan transaksi termurah, tercepat dan paling transparen. Mau tahu kenapa? Berikut pengalaman saya:

Tahun lalu di bulan November saya membuka akun bank online bernama Transferwise. Tanpa banyak k...

Lanjutkan artikel...

Setelah saya menulis artikel mengenai bagaimana menulis laporan keuangan di Google Sheets [1], dan memperbaruinya menjadi versi 2.0 [2], kali ini saya ingin berbagi sebuah spreadsheet untuk menghitung dan melacak investasi. Coba kita bayangkan, kita mempunyai laporan keuangan tiap bulan. Di...

Lanjutkan artikel...

Sejak sekitar 1 tahun yang lalu saya mulai membaca artikel mengenai Ray Dalio. Saya melihat videonya "How The Economic Machine Works" di Youtube yang dengan sangat jelas menjelaskan sistem perekonomian. Bagi yang belum pernah melihat, bisa mengklik gambar link Youtube dibawah ini.

Bagaimana Mesin Perekonomian Berfungsi

Siklus H

...

Lanjutkan artikel...

Kali ini saya ingin mempublikasikan tabungan ETF saya tertanggal 4 Agustus 2018. Berawal dari membeli MSCI World dan MSCI Emerging Market di tahun 2012, jumlah ETF saya saat ini meluas berjumlah 10 produkt ETF. Berikut ini tabel penjabaran produk ETF saya:

Tabungan ETF

Di kolom A kita bisa melihat nama produ...

Lanjutkan artikel...