Di artikel ini, saya ingin berbagi pengalaman saya dengan TransferWise*, yang saat ini memberian layanan transaksi termurah, tercepat dan paling transparen. Mau tahu kenapa? Berikut pengalaman saya:

Tahun lalu di bulan November saya membuka akun bank online bernama Transferwise. Tanpa banyak kendala saya bisa meregistrasi dengan mengisi formulir, email dan password (seperti halnya registrasi di website online). Untuk verifikasi identitas, TransferWise menggunakan servis verifikasi online. Saya tinggal mengupload foto dan paspor/KTP/SIM. Berhubung saya sering mentransfer uang ke negara lain, saya ingin mencoba service TransferWise. TransferWise tidak mengenakan biaya pendaftaran maupun biaya administrasi per bulan.

Sampai sekarang saya telah 4 kali transfer uang dari Euro ke Rupiah, dengan biaya transfer sekitar 0,5% - 0,6% dari nominal uang. Dibandingkan dengan bank-bank umum lainnya biaya ini jauh lebih murah. Sebagai contoh biaya minimal transfer uang dari bank Jerman ke bank Indonesia yang saya tahu adalah 7,90 EUR (tarif Comdirect Bank Jerman) atau 4 GBP (HSBC UK) + biaya pertukaran mata uang yang tidak transparen. Untuk bank-bank lainnya bahkan bisa lebih mahal, contohnya biaya minimal dari Deutsche Bank JErman adalah 10 EUR. Biaya minimal tersebut adalah hasil percobaan dan pencarian informasi di internet saat saya menulis artikel ini tertanggal 30 November 2018.

Contohnya, dengan TransferWise saya bisa dengan tepat mengirim uang dari luar negeri ke Indonesia dengan tepat. Misalnya orang tua saya membutuhkan uang 20 juta rupiah, maka di website TransferWise saya bisa langsung tahu tepat berapa USD atau EUR yang harus saya punya di bank saya. Biaya yang dikenakan jelas dan kurs dijamin selama 28 jam sampai uang terkirim ke TransferWise. Kita bisa melihat suntingan dibawah ini:

Kirim uang

Saya juga telah mendapatkan kartu Mastercard yang bisa saya gunakan untuk membayar dan mengambil uang tunai di seluruh negara. Kartunya sangat unik karena tidak tertulis nama bank sehingga tidak ada orang tahu dari bank mana:

Transferwise mastercard

Fitur terbaru yang Transferwise tawarkan adalah borderless account, dimana saya bisa mempunyai beberapa akun dengan mata uang asing yang berbeda. Dengan akun ini saya bisa menukar uang dan mentransfer ke tujuan mata uang asing dengan cepat dan biaya yang sangat rendah. Disisi lain, saya bisa menerima kirim uang dari orang di negara lain. Dibawah ini adalah contoh sekilas halaman borderless account saya dimana saya mempunyai akun mata uang Euro dan Rupiah:

Transferwise

Di video youtube ini kita bisa melihat iklan marketing Transferwise https://youtu.be/QRqfUpUlyZc.

Hal yang tidak bisa kita lakukan adalah mengisi Euro di akun Transferwise dengan mata uang Rupiah dari suatu bank di Indonesia lainnya.

Kesimpulan

TransferWise* adalah bank online hasil dari fin tech startup yang didukung oleh investor handal seperti Peter Thiels dan Richard Branson. TransferWise menjawab kebutuhan finansial saya untuk mentransfer uang dari dan ke luar negeri dengan cept, mudah, dan biaya rendah. Fitur-fitur TransferWise adalah:

  • online banking,
  • debit Mastercard,
  • borderless account,
  • transfer ke bank tujuan di negara lain (penerima uang tidak harus mempunyai akun TransferWise),
  • transparen, karena kurs pertukaran jelas sebelum dikonfirmasi selama 28 jam, dan uang yang akan diterima juga tidak berubah setelah konfirmasi.

Jadi TransferWise ini sangat mirip dengan Paypal bagi mereka yang sudah menggunakan Paypal, akan tetapi berbeda dengan Paypal, TransferWise memungkinkan saya dengan domisili di Eropa mempunyai akun mata uang Rupiah dan juga mengirim uang langsung ke bank tujuan di seluruh negara. Satu kekurangan dari Transferwise saat ini adalah tidak mendukung bahasa Indonesia dan transaksi dari Indonesia ke luar negeri (mungkin fitur ini juga akan hadir kedepannya). Jadi Anda yang tidak mengerti istilah dasar keuangan dalam bahasa Inggris akan sangan kesusahan.

Berikut ini biaya yang akan dikenakan:

  • Biaya pertukaran mata uang: 0.35%-2%
  • Biaya uang masuk ke akun: 0%-0.2%
  • Biaya penarikan uang lewat ATM melebihi £200 / 30 hari: 2%
  • Biaya dasar pengiriman uang: 0,80€ atau £0,65

selain itu, tidak ada biaya tersembunyi lainnya.

Bagi Anda yang tertarik mencoba membuka akun, Anda bisa mengklik gambar dibawah ini untuk menuju ke website TransferWise*:

Transferwise

  • Affiliate link

Artikel selanjutnya Artikel sebelumnya

Blog Comments powered by Disqus.