Sejak sekitar 1 tahun yang lalu saya mulai membaca artikel mengenai Ray Dalio. Saya melihat videonya "How The Economic Machine Works" di Youtube yang dengan sangat jelas menjelaskan sistem perekonomian. Bagi yang belum pernah melihat, bisa mengklik gambar link Youtube dibawah ini.

Bagaimana Mesin Perekonomian Berfungsi

Siklus Hutang

Video ini menjabarkan siklus hutang di sistem perekonomian globalisasi. Siklus hutang ini terdiri dari 6 fase, yaitu:

  1. Fase awal: dimana hutang digunakan untuk mendukung produktivitas dan pendapatan. Biasanya ditandai dengan suku bunga yang sangat rendah. Setelah beberapa waktu harga aset dan produk akan naik, dikarenakan banyaknya nilai mata uang yang beredar. Apabila produktivitas dan pendapat nasional tidak naik, maka bank sentra bisa menurunkan suku bunga sampai menyentuh 0% dikarenakan kebijaksaanaan bank sentral yang tidak berfungsi untuk menstabilisasi perekonomian.

  2. Fase penggelembungan (bubble phase): dimana setiap orang berasumsi dari masa lalu bahwa, nilai-nilai aset akan naik terus sehingga orang-orang takut akan ketinggalan kesempatan meraup keuntungan. Dampaknya kita melihat setiap orang berlomba-lomba mencari hutang untuk membeli aset. Hal inilah yang menyebabkan harga semakin cepat naik (menggelembung dengan cepat)

  3. Fase puncak: fase ini ditandai dengan putusan dan kebijaksanaan bank sentral yang mengetatkan perekonomian.

  4. Fase depresi: Di fase ini awalnya harga aset finansial akan naik dan kesenjangan sosial antara kaya dan miskin menjadi sangat lebar. Hanya sekitar 2-5% penduduk yang mempunyai harta setara dengan jumlah harta 95% semua penduduk. Sampai pada akhirnya orang tidak bisa membayar hutang dan nilai harga aset mulai turun dimana-mana.

  5. Pemotongan hutang (deleveraging): Setelah fase depresi, banyak orang tidak bisa membayar hutangnya. Hutang negara yang telah diambil, bisa dipotong atau didiskon tingkat bunganya. Hal ini berdampak negatif kepada investor yang mengutangkan uang, karena uang yang dipinjamkan hilang begitu saja (the ugly deleveraging). Pemotongan hutang bisa dilakukan dengan cara yang lebih bagus, yaitu menstabil kan hutang dengan meningkatkan pendapatan dan mengurangi tingkat hutang. Hal ini yang disebut dengan istilah the beautiful deleveraging.

  6. Fase kembali ke normal: disini pemerintah dan bank sentral bekerja sama untuk mengembalikan situasi menjadi normal dan memulai lagi ke fase pertama.

Bussines Insider telah mempublikasikan interview dengan Ray Dalio di bulan September kemarin. Video interview ini sangat menarik dan juga meringkas video diatas. Disini ia memberikan tips kepada para investor pribadi akan pentingnya allokasi aset jangka panjang daripada menjual-beli saham (market timing).

Interview dengan Ray Dalio

Ray Dalio telah mempublikasikan dua buku berbahasa Inggris yang juga bisa saya rekomendasikan, yaitu Principles: Life and Work dan Big Debt Crisis.

Kesimpulan

Dengan memahami siklus hutang diatas, kita bisa memegang erat 3 aturan main yang dijabarkan di sesi akhir video pertama, yaitu:

  1. Jangan membiarkan tingkat hutang terus naik melebihi tingkat pendapatan Anda, karena gunung hutang Anda akan menghancurkan Anda sendiri
  2. Jangan mempunyai tingkat pendapatan yang melebihi tingkat produktivitas Anda, karena Anda akan kalah bersaing.
  3. Apapun yang bisa anda lakukan, baik di waktu depresi maupun penggelembungan, fokus ke produktivifas Anda, karena ini lah yang menghasilkan sesuatu dan pendapatan.

Artikel selanjutnya Artikel sebelumnya

Blog Comments powered by Disqus.