Kali ini saya ingin mempublikasikan tabungan ETF saya tertanggal 4 Agustus 2018. Berawal dari membeli MSCI World dan MSCI Emerging Market di tahun 2012, jumlah ETF saya saat ini meluas berjumlah 10 produkt ETF. Berikut ini tabel penjabaran produk ETF saya:

Tabungan ETF

Di kolom A kita bisa melihat nama produk ETF dan kode ISIN. Biasanya untuk mengecek ETF kita bisa mengkopi kode ISIN ini di Google atau di platform finansial Anda. Seperti yang telah saya jabarkan di artikel yang lalu, untuk awal investasi, saya tidak menyarankan membeli berbagai macam indeks. Jumlah indeks saya meledak menjadi 10 dikarenakan saya ingin bereksperimen dengan indeks negara-negara seperti China, Rusia, Brasil dan Indonesia. Disisi lain saya ingin menambah bobot indeks saham China di portofolio saya, melihat perkembangan dunia di 2 tahun terakhir. Tentu saja, langkah saya mempunyai resiko yang lebih tinggi dibandingkan alokasi aset 70% MSCI World dan 30 % MSCI Emerging Market. Kita bisa melihat bagaimana indeks MSCI Indonesia die tahun ini melorot menjadi -11,47%. Disisi lain perkembangan pesat perusahaan-perusahaan di China membuat investasi saya di indeks MSCI China naik menjadi 23,36%.

Kolom B menjabarkan jumlah satuan yang saya beli. Kolom C adalah tanggal pembelian terakhir. Kolom D adalah kurs beli rata-rata yang didapat dari menjumlah kan seluruh transaksi kemudian dibagi dengan jumlah satuan. Contohnya: jika saya telah melakukan 2 kali pembelian. Pembelian pertama 30 lot sejumlah 1000€ kemudian pembelian kedua 50 lot seharga 1600. Maka kurs beli rata-rata sejumlah: (1000€\*30 + 1600€\*50) / 80 = 1375€.

Kolom E mencatat harga beli total atau total uang yang telah saya investasikan. Kolom F mencatat kurs saat ini dengan menggunakan formula IMPORTXML("URL") dan teknologi XPath, maka saya bisa melihat kurs terkini secara automatis, tanpa harus membuka-buka website lain. Kolom G mencatat nilai total saat ini dengan mengkalikan kolom B dan F.

Di kolom H kita bisa melihat alokasi portofolio ETF saya. Rumus perhitungan di kolom H sebagai contoh di H3 adalah: =G3/$G$1. Kolom I dan J mencatat perubahan investasi ETF saya. Dikolom ini saya bisa langsung melihat perkembangan tabungan ETF saya. Kolom terakhir (K) memcatat besar biaya yang dipotong setiap tahunnya (istilah Inggrisnya Total Expense Ratio atau disingkat TER).

Kesimpulan keseluruhan data diatas bisa dibaca di baris pertama. Disana kita bisa membaca bahwa total uang yang telah saya investasikan di ETF sampai saat ini sebesar 31.854,85 €. Nilai tabungan ETF sebesar 35.919,61 €. Kemudian keuntungan semu yang saya dapat apabila saya menjual semua ETF saya sebesar 12,76%, atau dengan kata lain sebesar 4.064,77 €. Saat ini kurs 1 € sekitar Rp. 16.766.

Dengan berbagi informasi tabungan ETF saya secara transparen, saya berharap para pembaca bisa termotivasi berinvestasi pasif di ETF daripada berspekulasi saham ataupun forex.

Catatan atau disclaimer: Saya tidak menyarankan untuk membeli semua indeks diatas ataupun berspekulasi dengan produkt ETF. Saya tidak akan menanggung kerugian investasi Anda.

Artikel selanjutnya Artikel sebelumnya

Blog Comments powered by Disqus.