Selamat Tahun Baru 2018! Semoga Anda merayakan malam tahun baru kemarin dengan damai dan sukacita.

Bagi para pembaca yang telah membaca artikel pembukuan keuangan harian saya dengan Google Spreadsheet di tahun 2016 dan mengkopi template tabel di Google Spreadsheets, di awal tahun ini saya ingin membagi versi terbaru catatan keuangan harian tersebut. Perubahan ini saya adaptasi dari perbaikan dan kebutuhan saya selama tahun 2017 dalam mencatat pemasukan dan pengeluaran saya.

Anda bisa melihat dan mendownload template pembukuan keuangan harian 2.0 ini di link ini. Jika Anda sudah mempunyai akun Google, Anda bisa langsung mengkopi dengan mengklik link ini https://docs.google.com/spreadsheets/d/13Ewb1jRwUPukobTzDzZzVvB7_5QIrSLqgiBd3NEwbic/copy. Apabila Anda menggunakan Microsoft Excel atau LibreOffice (open source), Anda bisa juga mendownload tabel dengan berbagai format (.xlsx, .ods, .csv)

Pembukuan Harian 2.0

Berikut ini adalah perubahan dan fitur-fitur baru yang ditambahkan di Pembukuan Harian versi 2.0:

Tabel Analisa dan Visualisasi Diagram

Untuk menganalisa keuangan saya dalam satu tahun, saya membuat lembaran baru untuk analisa data-data yang ada. Lembaran ini mencakup rangkuman data penting yang selalu aktuel seperti:

  • tingkat tabungan (saving rate)
  • Total pemasukan dan pengeluaran per kategori
  • Diagram pembagian total pengeluaran dan diagram tambahan lainnya seperti pembagian pengeluaran dalam berlibur

Penjabaran kategori lebih dalam:

Nama Kategori Penjelasan
ROI Return of Investment atau pendapatan kembali dari investasi yang mencakup seperti dividen dan penjualan produk investasi.
Pendapatan total pendapatan dari kerja (bukan dari investasi) seperti gaji dan pendapatan sampingan.
Tabungan total uang yang ditabung setelah dikurangi investasi.
Investasi liquid total investasi produk finansial yang mudah dicairkan kembali ke uang cash, contohnya emas, saham, dan bitcoin.
Investasi non-liquid total investasi yang tidak mudah dicairkan (apartment, obligasi) ataupun investasi ke diri sendiri yang tidak akan bisa dicairkan lagi.
Makan & Minum diluar pengeluaran untuk membeli makanan dan minuman diluar rumah.
Tempat tinggal pengeluaran yang mencakup tempat tinggal seperti sewa rumah, sofa, meja, dan perabotan rumah tangga lainnya.
Belanja kebutuhan sehari-hari pengeluaran yang dikeluarkan di supermarket atau pasar untuk kebutuhan sehari-hari. Dalam hal ini saya tidak ingin memisah-misahkan bon pembelanjaan di supermarket. Jadi angka di bon belanja dari supermarket bisa saya masukan langsung disini.
Pakaian pengeluaran untuk pakaian.
Hadiah pengeluaran untuk membeli kado atau hadiah kepada teman atau saudara.
Kesehatan / Olahraga pengeluaran untuk menjaga kesehatan, biaya sakit dan olahraga.
Transportasi pengeluaran transportasi juga termasuk reparasi dan pembelian spare parts.
Hiburan / Kommunikasi pengeluaran untuk hiburan dan telekomunikasi seperti pulsa, nonton, beli barang elektronik.
Biaya keluarga besar pengeluaran untuk anggota keluarga seperti biaya orang tua, ung sekolah anak.
Asuransi pengeluaran untuk berbagai macam asuransi.
Komunitas / Sosialisasi pengeluaran untuk bersosialisasi seperti uan arisan, iuran club, dll.
Sumbangan / Ibadah sumbangan kepada pengemis atau rumah ibadah.
Biaya tak terduga pengeluaran yang tidak terduga seperti tanggungan kecelakaan dan penipuan.
Liburan (rekreasi) pengeluaran untuk liburan dan jalan-jalan. Kategori ini saya bagi lagi menjadi: Akomodasi, Transportasi, Makanan, Aktivitas, Shopping dan oleh-oleh.

Di lembaran ini Anda hanya perlu mengadaptasi baris kategori baru dan mengkopi rumus dari sel di kolom "jumlah total". Angka-angka di kolom "Jumlah total" merupakan jumlah total sampai bulan ini. Perhitungan rumus di kolom ini mencangkup sampai baris ke 120 di lembaran bulanan.

Kolom Kategori

Untuk mendukung lembar analisa di atas, saya menambahkan kolom kategori di setiap lembaran tabel bulanan yang terhubung dengan kategori di lembaran tabel "Analisa". Di dalam sel kategori tersebut, saya bisa memilih kategori yang telah didefinisikan di tabel "Analisa".

Pilih Kategori

Jika sel di kolom kategori ini tidak sama dengan kategori yang ada, maka saya akan melihat titik merah di pojok kanan atas kotak sel. Kolom "Kategori" juga saya tambahkan di lembaran "Perhitungan Tetap".

Penting untuk diketahui:

  1. kolom kategori ini bisa Anda ubah dan adaptasi di lembaran "Analisa".
  2. Validasi kolom kategori hanya sampai baris ke 100. Apabila Anda ingin menambahkan baris baru dengan kolom kategori, maka Anda bisa menekan tombol kanan mouse, lalu pilih "data validation...". Setelah itu klik di lahan kosong "Criteria" - "List of a range", dan tulis "Analisa!A5:A30".

Kolom Investasi

Saya menambahkan kolom "Investasi" sebagai kolom keempat di lembar tabel bulanan. Uang investasi berasal dari uang yang telah saya hemat atau dari uang tabungan. Oleh karena itu, saya tidak ingin mencampur uang ini dengan kolom ketiga "Jumlah", dimana uang investasi akan dianggap sebagai pengeluaran. Dengan kolom baru ini, saya ingin memisahkan uang investasi dengan pengeluaran. Selain itu saya bisa melacak dan melakukan analisa investasi saya secara terpisah.

Lembaran Tabel Investasi

Lembaran baru yang saya tambahkan bernama "Investasi", dimana saya bisa menulis semua transaksi pembelian dan penjulan saya. Hal ini saya butuhkan dimana saya berusaha mencatat semua transaksi investasi saya. Hal ini sangat penting untuk menilai hasil investasi dari suatu produk dan juga untuk laporan perpajakan. Anda bisa menambahkan kolom sendiri untuk produk investasi yang ingin Anda tambahkan. Disini saya hanya memberi contoh.

Kesimpulan

Saya sendiri telah diuntungkan oleh Pembukuan Keuangan Harian 2.0 ini. Saya telah dengan mudahnya bisa melihat ulang kegiatan investasi dan pengeluaran pribadi. Dengan ini saya bisa mematok target dan mengukur kinerja investasi dan target finansial pribadi dengan sangat effisien dan praktis. Untuk setiap perubahan tahun saya akan mengkopi dan memulai ulang dokumen tabelaris ini.

Saran dan Kritik

Apabila Anda telah menggunakan Pembukuan Keuangan Harian 2.0 ini, Anda bisa menulis komentar Anda apakah tabel pembukuan harian ini mempermudah hidup Anda atau malah merepotkan Anda. Saya sangat gembira menerima saran dan kritik yang membangun.

Apabila Anda memerlukan bantuan lebih, Anda bisa menghubungi saya melalui kontak formular untuk mendapatkan konsultasi pribadi.

Update 02.01.2019: Video petunjuk instalasi dan membuat kopi salinan bisa dilihat di Youtube Kanal.

Artikel selanjutnya Artikel sebelumnya

Blog Comments powered by Disqus.